Selasa, 11 September 2012

Soal Ekonomi Kelas X : Kelangkaan, Kebutuhan, Sistem Ekonomi

Pertanyaan :

1. Kebutuhan Anda sebagai siswa!
2. Bagaimana ilmu Ekonomi mengatur agar semua kebutuhan yang tidak terbatas bisa dipenuhi dengan sumber daya yang terbatas!
3. Ceritakan sebuah kisah tentang biaya peluang yang pernah Anda alami selama ini !
4. Menurut Anda. Indonesia lebih tepat menganut sistem ekonomi apa? Berikan penjelasan !

Jawaban :

1. Kebutuhan saya sebagai siswa, yaitu :

  •  Seragam sekolah
  • Tas untuk sekolah
  • Buku pelajaran
  • Alat tulis
  • Belajar
  • Hiburan, dan
  • Uang saku
2. Mementingkan barang yang lebih di butuhkan, dan manusia mengolah atau memanfaatkan SDA dengan baik dan benar. Agar setiap kebutuhan bisa terpenuhi dan menjadi tidak terbatas.

3. ketika saya sedang berjalan-jalan di sebuah Mall. Saya ingin membeli baju dan tas, tetapi biaya yang saya punya tidak cukup untuk membeli kedua barang tersebut, baju yang harganya Rp !00.000,- dan tas harganya Rp 125.000,- dan saya hanya mempunyai uang Rp 200.000,- Akhirnya saya memilih untuk membeli baju yang harganya Rp. 100.000,- karena harganya lebih murah. Jadi, biaya peluangnya adalah tas Rp 125.000,-

4. Campuran. Karena, pemerintah dan swasta atau masyarakat saling bekerja sama dalam memecahkan masalah ekonomi. Tujuan pemerintah dalam campur tangan adalah agar perekonomian tidak lepas kendali sama sekali dan tidak hanya menguntungkan satu pihak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar