Pertumbuhan
ekonomi
- Merupakan proses
naiknya produk per kapita dalam jangka panjang.
-Tidak
memperhatikan pemerataan pendapatan.
-Tidak
memperhatikan pertambahan penduduk
-Pertumbuhan
ekonomi belum tentu disertai dengan pembangunan ekonomi
-Setiap input dapat
menghasilkan output yang lebih banyak
Pembangunan
ekonomi
-Merupakan proses
perubahan yang terus menerus menuju perbaikan termasuk usaha meningkatkan
produk per kapita.
- Memperhatikan
pemerataan pendapatan termasuk pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya.
-Memperhatikan
pertambahan penduduk.
- Meningkatkan
taraf hidup masyarakat.
- Pembangunan
ekonomi selalu dibarengi dengan pertumbuhan ekonomi.
-Setiap input selain menghasilkan output yang
lebih banyak juga terjadi perubahan – perubahan kelembagaan dan pengetahuan
teknik.
Sumber: http://wahyuayunk.blogspot.com/2011/11/perbedaan-pertumbuhan-ekonomi-dan.html
Perbedaan Indonesia dengan Singapura
Sumber: http://wahyuayunk.blogspot.com/2011/11/perbedaan-pertumbuhan-ekonomi-dan.html
Perbedaan Indonesia dengan Singapura
Perbandingan Jenjang Pendidikan Negara Singapura dan Indonesia
A. Jenjang Pendidikan di Singapura
• Pendidikan Pra Sekolah
Pendidikan pra sekolah adalah pendidikan yang dilakukan
untuk anak-anak berusia 3 sampai dengan 6 tahun
• Pendidikan Dasar
Seorang anak di Singapura menjalani pendidikan dasar
selama 6 tahun, terdiri dari empat tahun tahap dasar pertama yaitu Sekolah
Dasar kelas 1 sampai 4 dan tahap orientasi tahun ke dua yaitu Sekolah Dasar
kelas 5 sampai 6. Pada akhir kelas 6 SD, siswa mengikuti Ujian Kelulusan
Sekolah Dasar (Primary School Leaving Examination).
• Pendidikan Menegah
Para siswa melaksanakan pendidikan lanjutan selama 4 atau
5 tahun melalui program spesial, cepat ataupun normal. Program spesial dan
cepat mempersiapkan siswa untuk mengikuti ujian GCE ‘O’ (Singapore-Cambridge
General Certificate of Education ‘Ordinary’) pada tingkat empat. Siswa pada
program normal dapat memilih jurusan akademik atau teknik, yang keduanya
mempersiapkan siswa untuk mengikuti ujian GCE ‘N’ (Singapore-Cambridge General
Certificate of Education ‘Normal’) pada tingkat empat dan jika hasilnya
memuaskan, maka siswa akan mengikuti ujian GCE ‘O’ pada tingkat lima.
• Pendidikan Pra Perguruan Tinggi
Setelah menyelesaikan ujian tingkat GCE ‘O’, para siswa diperbolehkan
mendaftar untuk mengikuti program akademi selama dua tahun masa pelajaran pada
pra-universitas atau institut terpadu selama tiga tahun masa pelajaran pada
pra-universitas, yang keduanya merupakan dasar untuk masuk ke universitas.
Kurikulum terdiri dari dua mata kuliah wajib, yaitu General Paper dan Mother
Tongue, dan maksimum empat subyek Singapore-Cambridge General Certificate of
Education ‘Advanced’ (GCE ‘A’) dari tingkat seni, ilmu pengetahuan dan
pelajaran tentang perniagaan. Di akhir masa pelajaran pada pra universitas
siswa mengikuti ujian tingkat GCE ‘A’.
• Pendidikan Tinggi
Pendidikan Tinggi merupakan jenjang pendidikan setelah
pendidikan menengah yang mencakup program pendidikan diploma, sarjana,
magister, spesialis dan doktor yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi.
B. Jenjang
Pendidikan di Indonesia
Berdasarkan Undang-undang Pendidikan Nasional tahun 2003.
Jalur, jenjang dan jenis pendidikan dapat diwujudkan dalam bentuk satuan
pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan/atau
masyarakat. Adapun jenjang pendidikan tersebut antara lain:
• Pendidikan Anak Usia Dini
Pendidikan anak usia dini diselenggarakan sebelum jenjang
pendidikan dasar. Pada PAUD ini dapat diselenggarakan melalui jalur formal, non
formal dan/atau inforamal. Pendidikan anak usia dini pada jalur formal
berbentuk Taman Kanak-Kanak (TK), Raudhatul Athfal (RA), atau bentuk lain yang
sederajat. Pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan non formal berbentuk
kelompok bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA), atau bentuk lain yang
sederajat.
• Pendidikan Dasar
Pendidikan Dasar merupakan jenjang pendidikan yang
melandasi jenjang pendidikan menengah. Pendidikan dasar berbentuk Sekolah Dasar
(SD) dan MAdrasah Ibtidayah (MI) atau bentuk yang sederajatserta Sekolah
MEnengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs). Akhir kelas enam siswa
harus mengikuti Ujian Nasional sebagai syarat untuk mengikuti SMP/MTs.
• Pendidikan Menengah
Pendidikan menegah merupakan lanjutan pendidikan dasar. Pendidikan
menengah terdiri atas pendidikan menengah umum dan pendidikan menengah
kejuruan. Pendidikan menengah berbentuk Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah
Aliyah (MA), Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK),
atau bentuk lain yang sederajat.
• Pendidikan Tinggi
Pendidikan Tinggi merupakan jenjang pendidikan setelah
pendidikan menengah yang mencakup program pendidikan diploma, sarjana,
magister, spesialis dan doktor yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi.
Terdapat beberapa perbedaan antara jenjang pendidikan
Negara Indonesia dan Singapura, antara lain:
a. Pendidikan Dasar
Pada pendidikan Dasar ini, Pendidikan Dasar Singapura
hanya 6 tahun. sementara itu, Pendidikan Dasar di indonesia membutuhkan waktu 9
tahun, dengan rincian 6 tahun SD dan 3 tahun SMP
b. Jenjang Pendidikan Menengah
Pada jenjang ini Pendidikan di Singapura membutuhkan
waktu 4 tahun dan 5 tahun, semenara itu pendidikan menengah di Indonesia hanya
3 tahun. Pada jenjang ini, pendidikan di Singapura mengklasifikasikan kemampuan
siswa menjadi Express, Normal Academic dan Normal Technical. Sementara itu
pendidikan menengah di Indonesia tidak melakukan sistem tersebut. Akan
tetapi hanya melakukan program akselerasi pada sekolah-sekolah tertentu.
c. Pendidikan Pra Universitas/Junior College
Pada jenjang ini peserta didik dipersiapkan untuk
memasuki jenjang perguruan universitas ataupun pendidikan kejuruan atau yang
sejenisnya. Sementara itu di Indonesia tidak terdapat jenjang pra
Universitas/Junior College
Tidak ada komentar:
Posting Komentar